Friday, April 17, 2009

Kendala Diskusi

permasalahan diskusi, kendala diskusi, diskusi, debat









Diskusi merupakan salah satu cara untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang sedang dihadapi bersama-sama. Dalam diskusi ini, peran serta setiap anggota sangatlah penting mengingat setiap masukan atau pendapat akan digunakan sebagai salah satu poin untuk dijadikan referensi dalam menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi tersebut. Dalam diskusi juga akan menambah pengetahuan anggota diskusi itu sendiri baik tentang permasalahan yang sedang dihadapi maupun tentang cara penyampaian pendapat.
Dalam diskusi, penyampaian pendapat sangatlah vital, karena suatu diskusi tidak akan berjalan jika tidak ada pendapat yang masuk. Dari pendapat yang telah masuk akan memungkinkan masuknya pendapat lain yang menguatkan atau melemahkan pendapat tersebut. Cara penyampaian pendapat juga sangat berpengaruh terhadap jalannya diskusi itu sendiri. Jika dimisalkan ada anggota diskusi yang cara menyampaikan pendapat membingungkan maka anggota yang lain akan bingung untuk menangkap inti dari pendapat tersebut. Hal ini sangat dipengaruhi oleh individu yang bersangkutan dalam cara penyampaian pendapat mereka.
Ketika masuk ke bangku perkuliahan, maka ajang diskusi akan sangat banyak tersedia, tetapi sulit sekali untuk membedakan antara diskusi yang sehat dan yang tidak sehat. Diskusi dibilang sehat jika peserta diskusi dapat memahami, mengerti serta mengarahkan diskusi untuk memecahkan suatu permasalahan tanpa menambah rumit permasalahan yang sedang dihadapi. Diskusi dibilang tidak sehat jika dalam diskusi tidak membahas masalah yang sedang dihadapi, tidak menemukan penyelesaian atau malah cenderung saling menjatuhkan seperti dalam debat.
Sulit sekali melakukan diskusi, karena dalam praktek atau pelaksanaannya kebanyakan diskusi berubah menjadi ajang debat yang saling menjatuhkan.

No comments:

Post a Comment